Rabu, 14 September 2016

Gawai Dayak ke-X Kabupaten Melawi Tahun 2016

Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Melawi kembali melaksanakan event tahunan Gawai Dayak di Bumi Uranium Kabupaten Melawi. Gawai Dayak tahun 2016 ini adalah yang ke-X (sepuluh) kalinya dilaksanakan dan mengambil tempat di Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan. Gawai Dayak ke-X Kabupaten Melawi mengambil Tema “Be’Uma” dengan Sub Thema: Dengan Semangat Be’Uma Kita Tingkatkan Nilai Gotong Royong Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean dan akan berlangsung dari tanggal 13-17 September 2016.

Ketua DAD Sudarmono Otong, S.Th., M.Pd.K. seperti yang dikutip dari harian Rakyat Kalbar Tanggal 13 September 2016, mengatakan Gawai tahun ini akan dilakukan berbagai macam perlombaan seperti





Pemotongan Ompung Oleh Bupati Melawi
Persembahan Tarian dari gabungan sekolah dan sanggar
Kapolres Melawi AKBP Oki Waskito, Wakil Ketua DPRD Drs. Kluisen dan Wakil Ketua DPRD I'if Usfayadi, S.T.
Persembahan Tari Kreasi
Wakil Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa, A.Md., Bupati Melawi Panji, S.Sos.dan Bupati Sekadau Rupinus, S.Sos., M.Si.
Ibu Wakil Ketua DPRD Ny. Rima Kluisen dan Ibu Kapolres Melawi
Kata sambutan Ketua Panitia Gawai Dayak ke-X Kabupaten Melawi Tahun 2016, Petos, S.Sos.
Bupati Melawi Panji, S.Sos. membuka Gawai Dayak dengan memukul gong sebanyak 7 kali
Penyerahan cinderamata (peralatan berladang) oleh Ketua Panitia kepada Bupati Melawi
Doa penutup acara pembukaansekaligus mendoakan keberlangsungan Gawai Dayak ke-X oleh Pdt. Paulus Timang, M.Th. (Gembala Sidang 3 GKII Pintu Elok)
x

Tari Kreasi, Tari Tunggal, Menyanyikan Lagu Daerah (Apang Semangai, Idup Dasak, Padi Usang Padi Baru), Lomba Memasak Menu Tradisional, Lomba Budaya Behuma (Menanam Penuhi, Mopat Daun Padi, Lomba Ngobat Padi), Lomba Melukis Perisai, Lomba Menyumpit, Lomba Menganyam, Lomba Membuat Pekarang Pelantik, Langgai, Ensait, Ringkap, Lomba Menumbuk Padi, Perlombaan Stand DAD Kecamatan dan berbagai perlombaan-perlombaan lainnya.
x



Pembukaan Gawai Dayak dilakukan langsung oleh Bupati Melawi Panji, S.Sos. yang merupakan putera dayak asli daerah Kabupaten Melawi. Pembukaan juga dihadiri oleh Wakil Bupati Dadi Sunarya Usfa Yursa, A.Md. dan unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (MUSPIDA) lainnya. Selain itu ada beberapa tamu undangan yang hadir diantaranya Bupati Sekadau Rupinus, S.H., M.Si., Dr. Drs. Adrianus Asia Sidot, M.Si. (Bupati Landak 2008-2011 & 2011-2016), Drs. Milton Crosby, M.Si. (Bupati Sintang 2005-2010 & 2010-2015) dan beberapa tokoh Dayak Kalimantan Barat dan Tokoh Dayak Kabupaten Melawi serta kepala-kepala SKPD Kabupaten Melawi.

Malam pertama antusiasme masyarakat Kabupaten Melawi terhadap kegiatan ini terbukti sangat besar, hal ini terlihat saat stadion dipadati oleh puluhan ribu pengunjung yang dihibur oleh penampilan dari Sanggar Binua Garantukng (Kab. Sintang) Asuhan Silvanus Barage yang mengikut sertakan Petrus Lengkong (Tokoh, Seniman dan Budayawan Dayak Kalimantan Barat), Ikatan Pecinta Budaya Dayak Binua Landak (IPBDBL) Tebo Rinyuakng dkk., serta beberapa Artis Dayak Kabupaten Melawi.

“ADIL KA’ TALINO, BACURAMIN KA’ SARUGA, BASENGAT KA’ JUBATA”
APAI DI CITA ADA, DI NIAT DAPAT, SAK LAPANG SENANG JAGA ANGAS”


Dokumentasi Pembukan Gawai Dayak ke-X Kabupaten Melawi Tahun 2016



Istri Kapolres Melawi, Istri Bupati Sekadau, Istri Bupati Melawi, Istri Wakil Bupati Melawi








































Tidak ada komentar: